twitter

Sekolah Kuliner dan D3 Perhotelan

Surabaya - Graha Tristar
Jln. Raya Jemursari 244 Surabaya.
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata

West Campus - Gedung IEU
Raya Dukuh Kupang 157B
S1 International Culinary Business

Kampus B Tristar -
Jl. Kaliwaron 58-60, Surabaya
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
S1 Culinary Business

Informasi
Telp. +62-31 8433224 & 8433225. HP. 08233752227 - 081234506326.
PIN BB: 2A6A1F4E - 2B425821

Jakarta - Kampus Tristar BSD
S1 Culinary Business
S1 Food Technology
S1 Hotel Management
Telp: 021-5380668.
HP: 081286358533. PIN BB: 2A96E298.
Fax: 021-53155652.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Serpong - Tangerang

Resep Kreasi Mahasiswa
Akpar Majapahit

Pages

Minggu, 08 Maret 2015

TCI Sukses Kembangkan Bibit Nata de Coco dari Media Agar-agar (PDA)



TCI Sukses Kembangkan Bibit Nata de Coco dari Media Agar-agar (PDA)

BIBIT nata de coco yang selama ini dibeli orang untuk usaha skala rumahan dalam bentuk cairan. Untuk pengiriman bibit nata de coco jarak jauh sangat riskan karena mudah rusak dan bakterinya mati mengingat bakteri dalam bibit nata de coco, yakni acetobacter xylinum atau lactobacter yang berbentuk cairan tersebut sangat peka terhadap guncangan.

Untuk pengirimannya agar aman tentu butuh penanganan khusus. Tujuannya agar bibit nata de coco cair yang dimasukkan botol itu tidak rusak setelah sampai di tujuan.

Nah, berangkat dari kenyataan tersebut maka Tristar Culinary Institute (TCI)  –salah satu unit usaha yang berada di bawah payung Matoa Holding—baru-baru ini mencoba untuk mencari solusi yakni dengan membuat sendiri bibit nata de coco dari media agar-agar (PDA), yang nantinya bibit itu tidak berbentuk cairan melainkan bentuknya berupa jelly.

”Terobosan baru ini ternyata sukses kami kembangkan setelah melalui serangkaian penelitian intensif di laboratorium TCI,” terang Santi, sapaan karib Nursanti, yang sehari-hari menjadi instruktur di lembaga pelatihan yang berkantor di Jl Jemursari 234 Surabaya.

Menurut Santi, bahan yang disiapkan untuk membuat bibit nata de coco dari media agar-agar (PDA) adalah agar-agar, kentang, dextrose. Proses untuk membuat bibit nata de coco dari PDA sekitar tiga hari.

Cara pembuatannya gampang dan tidak ribet. Karena itu simak urut-urutan kerjanya berikut ini: 

(1). Persiapan membuat media agar-agar (PDA),
(2). Kentang diiris tipis sehingga tampak transparan dan kemudian direbus dengan air satu liter,
(3). Kentang dibuang, air rebusan diambil dan ditambahkan air satu liter lagi.
(4). Masukkan dextrose dan agar-agar (PDA) kemudian dididihkan sampai mendidih.
(5). Masukkan hasil olahan itu ke dalam tabung-tabung reaksi dengan posisi miring 60 derajat.
(6). Tabung reaksi yang sudah diisi media agar-agar kemudian ditutup kapas bersih biar tidak terkontaminasi.
(7). Tabung reaksi sebanyak 35 tabung (dari bahan sebanyak satu liter) kemudian dikukus pada suhu 100 derajat C selama 15 menit.
(8). Setelah pengukusan selesai, kemudian tabung-tabung reaksi itu didinginkan.
(9). Masukkan bibit nata de coco dalam media PDA di dalam tabung reaksi kemudian sterilisasi dengan alkohol.
(10). Setelah disterilisasi tabung-tabung reaksi yang berisi bibit nata de coco yang dibiakkan dalam media PDA didiamkan selama tiga hari di ruang terbuka (suhu ruangan). Bibit yang sudah jadi siap dikirim ke pemesan.

Setelah sukses mengadakan serangkaian uji coba tersebut, pihaknya mendapat pesanan dari pembeli di Jakarta. Untuk tahap awal, pemesan hanya mengambil dua tabung reaksi dengan mengganti biaya produksi Rp 400 ribuan. Untuk pengiriman bibit nata de coco dari media agar-agar (PDA) ke Jakarta ongkos kirimnya ditanggung oleh pihak pembeli.

Dalam praktiknya, lanjut Nursanti, bibit nata de coco dari media PDA dalam satu tabung reaksi bisa dimanfaatkan untuk memproduksi 10 loyang nata de coco. ”Inilah salah satu terobosan yang kami tawarkan kepada masyarakat yang ingin bikin sendiri nata de coco dan bisa juga dikembangkan dengan membuka usaha skala rumahan tanpa harus bingung mencari bibitnya karena kami sekarang sudah punya solusi,” tandasnya.




Anda tertarik dengan inovasi cerdas ini, silakan merapat saja ke Tristar Culinary Institute (TCI) Jl Jemursari 234 atau datang Kampus Akpar Majapahit Graha Tristar Jl Jemursari 244 Surabaya untuk memesan bibit nata de coco dari media PDA. Harga bibit nata de coco dari media agar-agar (PDA) dibandrol Rp 200 ribuan per tabung reaksi. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar